Bagaimana Cara Memasarkan Waymo Self Driving Car?
Waymo Self Driving Car adalah mobil yang dapat berjalan secara otomatis tanpa harus dikemudi oleh manusia. Mobil ini memiliki kemampuan mendeteksi lingkungan disekitarnya yang diharapkan dapat menekan tingkat kecelakaan karena sebagian tingkat kecelakaan disebabkan oleh human error atau kesalahan manusia. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, mobil ini dapat membantu orang yang tidak dapat mengemudikan mobil seperti lansia, tunanetra atau difabel untuk berkeliling dan melakukan hal – hal yang mereka sukai.
Selain itu, dengan inovasi tambahan dan memungkinkan dari saya, di mobil otomatis ini kita juga dapat memainkan playstation selama perjalanan ke suatu tempat sehingga perjalanan menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.
Untuk memasarkan Waymo Self Driving Car ini akan difokuskan menggunakan metode pemasaran online. Di Indonesia sendiri, pemasaran online memang sangat populer dan banyak diaplikasikan. Tidak hanya pelaku bisnis jual beli mobil saja yang berlomba – lomba untuk menghadirkan bisnis mereka di internet dengan harapan akan mendapatkan hasil yang berlipat, tetapi pelaku bisnis di bidang lain juga demikian. Saat kita mencoba mencari suatu produk dengan kata kunci yang relevan dengan produk tersebut, kita akan menemukan banyak sekali barang yang ditawarkan, semuanya ada di hadapan kita dalam hitungan detik saja.
Dengan pemasaran online, informasi mengenai produk dapat diakses oleh calon klien lebih mudah dan cepat tanpa harus bertatap muka. Jika calon pelanggan sudah siap membeli, mereka dapat diarahkan untuk bertatap muka dengan salesperson dalam rangka persiapan surat – surat kendaraan dan penyelesaian akhir transaksi.
Beberapa cara promosi online yang dapat dilakukan yaitu:
Optimasi Website
Website resmi dealer mobil pasti menjadi rujukan para calon konsumen untuk mencari informasi terkait mobil yang akan dibeli. Oleh sebab itu, website yang dikelola harus dioptimalkan perannya. Paling tidak situs-situs tersebut sudah menerapkan SEO (Search Engine Optimization) dasar, sehingga bisa muncul di urutan pertama saat pencarian di search engine.
Membuat Iklan Video
Video saat ini menjadi cara promosi produk yang cukup ramai digunakan. Selain itu, media tersebut juga cukup efektif. Video yang ditampilkan harus memiliki kualitas yang bagus serta penyampaian yang singkat dan jelas. Jika tidak, hal ini tentu akan merusak peluang dan maksud dari video tersebut diciptakan karena orang cenderung menyukai sesuatu yang singkat, jelas dan menarik jika melihat suatu iklan.
Membuat Iklan di Televisi
Salah satu media iklan yang patut dicoba adalah melalui televisi. Biaya yang dikeluarkan memang cukup besar untuk model pemasaran seperti ini, namun TV menjadi salah satu media yang efektif untuk memasarkan sebuah produk. Selain itu, televisi juga membantu para pabrikan mobil atau dealer untuk menjangkau konsumen lebih luas, dari yang di perkotaan hingga pedesaan.
Membuat Iklan di Media Sosial
Media sosial juga dapat menjadi bagian dari strategi pemasaran mobil – mobil yang dijual. Oleh sebab itu, tak heran jika dealer atau produsen mobil sudah memiliki akun jejaring sosial sendiri, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram hingga Youtube. Melalui media tersebut, kita dapat mengunggah berbagai macam bentuk promosi seperti brosur, foto, video terkait mobil yang ingin dipasarkan.
Meskipun terdapat beberapa cara untuk memasarkan produk ini, sepertinya produk ini belum memungkinkan untuk memasuki pasar di Indonesia. Kondisi geografis yang kurang mendukung merupakan salah satu penyebabnya. Mobil otomatis ini hanya bisa digunakan pada lingkungan dan lalu lintas yang rapi. Kita tentunya berharap bahwa kondisi geografis Indonesia di masa mendatang dapat mendukung atau setidaknya di Ibu Kota kita sudah dapat mencoba ataupun merasakan mobil otomatis ini.
Referensi:
https://www.otosia.com/berita/iklan-penjualan-mobil-kln.html
Nama : Rifa Khairunnisa Sulistiana
NPM : 25217173
Kelas : 4EB01
Tugas Manajemen Sumber Daya Manusia
Comments
Post a Comment